IMG-20170309-WA0013NARASUMBER KALABAHU LBH PADANG

 

 

Karya Latihan Bantuan Hukum (Kalabahu) 2017 LBH Padang

MENGABDI UNTUK KEADILAN

 

A. Pendahuluan

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang merupakan organisasi non-pemerintah yang memiliki visi terwujudnya sistem hukum yang adil dan demokratis berbasiskan gerakan masyarakat sipil. Berbadan hukum yayasan yakni Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, yang berkantor pusat di Jakarta dengan 15 kantor cabang di 15 provinsi di Indonesia, satu diantaranya adalah LBH Padang.

Segaris dengan itu, LBH memandang bahwa penyelenggaraan negara mestilah didasari pada konstruksi dan usaha-usaha penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak ekonomi, sosial, dan budaya rakyat serta kebebasan-kebebasan dasar manusia. Dalam mendorong perwujudannya, LBH Padang secara aktif menjalankan kerja-kerja pemberian bantuan hukum dalam bingkai perspektif dan ideologi Bantuan Hukum Struktural (BHS) dengan lingkup advokasi litigasi maupun non-litigasi, bagi masyarakat miskin dan termarjinalkan.

Untuk mendukung kesinambungan dan pencapaian visi itu, penting bagi LBH untuk menemukan dan melahirkan kader-kader pengabdi bantuan hukum yang kritis, berintegritas, berkomitmen terhadap upaya-upaya pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) dan pemajuan demokrasi serta memiliki sensitivitas sosial utamanya terhadap masyarakat miskin dan termarjinalkan. Karya Latihan Bantuan Hukum (KALABAHU) merupakan media pelatihan yang secara rutin dilaksanakan LBH Padang dan sengaja dimaksudkan untuk menjaring serta melatih kader-kader pengabdi bantuan hukum dengan perspektif demikian. Oleh karenanya, KALABAHU merupakan syarat utama untuk bergabung di LBH Padang.

Penting dipahami, LBH Padang tidak terbatas terhadap kalangan mahasiswa dan sarjana hukum semata. Sepanjang perjalanannya LBH Padang kerap menerima dan melakukan advokasi terhadap beragam jenis kasus-kasus. LBH tak jarang menerima kasus yang berkenaan dengan kehutanan, pertambangan, tata ruang, kesehatan-kedokteran, dan sebagainya. Pun, LBH Padang dalam memeriksa problem-problem sosial-kemasyarakatan serta mengoperasikan gerakan Bantuan Hukum Strukturalnya berupa pengorganisasian, acapkali membutuhkan dukungan analisis dari disiplin keilmuan sosiologi, ekonomi dan lainnya. Perihal menjawab tantangan demokrasi dan menganalisis situasi politik kontemporer, LBH juga kerap berkolaborasi dengan perspektif dan disiplin ilmu politik.

Untuk menyebarluaskan gagasan-gagasan dan kerja-kerja bantuan hukum structural penting bagi LBH Padang untuk mengembangkan model-model kampanye yang kreatif dan inovatif. Guna mendukung hal itu maka LBH Padang perlu diperkuat dengan kader-kader pengabdi bantuan hukum yang memiliki latar belakang atau keterampilan desain komunikasi visual.

Pengalaman dan tantangan itu semakin menandai bahwa LBH Padang merupakan lembaga yang sesungguhnya dibangun oleh kader-kader pengabdi dan pejuang keadilandengan disiplin ilmu yang berbeda-beda. Agar visi kemanusiaan dan keadilan dalam mengoperasikan gerak bantuan hukum struktural dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Berangkat dari tantangan dan dasar pemikiran tersebut, LBH Padang bermaksud untuk mengadakan Karya Latihan Bantuan Hukum (KALABAHU) tahun 2017 guna melatih dan memberikan pengetahuan yang relevan bagi peserta, sebagai bekal menjalankan pengabdian di LBH Padang untuk bersama-sama mewujudkan sistem hukum yang adil dan demokratis berbasis gerakan masyarakat sipil.

Sepanjang proses KALABAHU, peserta akan memperoleh materi-materi yang sesuai dengan ide dan gagasan kelembagaan. Peserta akan diperkenalkan tentang ke-LBH-an,berbagai kerja-kerja advokasi serta nilai-nilai yang diperjuangkannya. Selain itu, peserta juga diajak untuk berdiskusi dan berpikir kritis selama rangkaian KALABAHU 2017. Dengan demikian, diharapkan proses ini mengawali “Lahirnya Pengabdi Bantuan Hukum yang Berintegritas, Berkomitmen terhadap Masyarakat Marjinal dan Tertindas Berbasiskan Hak Asasi Manusia”, sebagaimana rumusan tema KALABAHU 2017. Mari bergabung!

 Justice for All…!!!

 

 B. Tujuan 

  1. Mengenalkan LBH Padang lebih mendalam kepada masyarakat, khususnya Sarjana dan Mahasiswa;
  2. Merekrut pengabdi bantuan hukum LBH Padang pada tahun 2017;
  3. Melatih daya kritis dan memberikan pemahaman tentang materi-materi dalam menjawab persoalan hukum, HAM, demokrasi dan sosial-kemasyarakatan;
  4. Memberikan pengetahuan praktis berupa strategi litigasi dan strategi non-litigasi guna mendukung kerja-kerja LBH Padang.

 

C. Hasil yang Diharapkan (Output)

Lahirnya kader-kader aktivis pengabdi bantuan hukum yang memperkuat visi bantuan hukum struktural.

 

D. Pelaksanaan

Kegiatan KALABAHU 2017 ini, diselenggarakan dengan tahapan seleksi (administrasi dan wawncara), pelatihan dan magang di Kantor LBH Padang. Dalam prosesnya LBH akan melihat potensi rekan-rekan yang magang, guna diprioritaskan pada dan ditempatkan sesuai kinerja kantor. Selanjutnya peserta yang telah mengikuti magang yang akan memiliki kesempatan untuk berkarier menjadi  Pengabdi Bantuan Hukum di Lembaga Bantuan Hukum Padang.

 

E. Narasumber

Kalabahu akan menghadirkan akademisi, aktivis dan praktisi yang mumpuni yaitu:

  1. Prof. Mestika Zed, (Sejarahwan dan pemerhati pendidikan)
  2. Prof. Afrizal, S.H. (Sosiolog, Ahli resolusi konflik)
  3. Boedhi Widjarjo, S.H.  (Fasilitator ahli, aktivis, Ahli ResolusiKonflik)
  4. Sudi Prayitno., S.H.,LLM   (Hukum, Mantan Wakil Direktur Bidang Operasional LBH Padang)
  5. Asfinawati, S.H.  (Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia)
  6. Rahma Mary, S.H (Ketua Bidang Advokasi Yayasan LembagaBantuan Hukum Indonesia, mantan tenaga ahli Kantor Staf Presiden)
  7. Emerson Yuncto, S.H.  (Peneliti Indonesian Corruption Watch)
  8. Vino Oktavia, S.H.,MH  (Direktur LBH Padang Periode 2010 – 2015)
  9. Era Purnama Sari, S.H (Direktur LBH Padang)

 

 F. Panitia atau Fasilitator

  1. Aulia Rizal
  2. Prima Pribadi Putra
  3. Dani Damhuri Putra
  4. Aldo Filosofi

 

G. Peserta

Peserta dalam KALABAHU 2017 ini, adalah sarjana hukum atau minimal sudah mengikuti ujian komprehensif bagi mahasiswa jurusan hukum. Khusus untuk jurusan non hukum, diperbolehkan bagi calon peserta yang masih berstatus mahasiswa dengan syarat telah mengikuti 120 sks. Bagi non hukum diutamakan pada latar belakang FISIP, ekonomi, kehutanan, kesehatan, Geografi dan design komunikasi.

 

H. Penutup

Demikianlah Term of Reference (ToR) ini dibuat sebagai kerangka acuan dalam pelaksanaan acara.

Kirimkan kelengkapan pendaftaran ke email panitia kalabahu2017@gmail.com

pertanyaan dapat dikirimkan ke email atau ke kontak panitia:

  1. Aulia Rizal                             085263531442
  2. Dani Damhuri Putra           085375569006
  3. Prima Pribadi Putra            082282028806
  4. Aldo Filosofi                         082299204120
  5. Arwal                                      085263036883

 

FORMULIR KALABAHU Download

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN PROSES Download

SURAT PERNYATAAN PERIHAL KEANGGOTAAN Download

TIMELINE KALABAHU LBH PADANG 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

clear formPost comment